BRALING.COM, PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga menutup sementara destinasi-destinasi wisata dan tempat hiburan, demi membatasi penyebaran virus corona di Purbalingga.

Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga menyampaikan kebijakan tersebut melalui surat nomor 556/0304 tanggal 17 Maret 2020 perihal Penutupan Sementara Destinasi Wisata dan Tempat Hiburan.

Surat tersebut menyusuli surat nomor 556/0296 tanggal 16 Maret 2020 perihal Peningkatan Kewaspadaan terhadap resiko penularan Covid-19. Sekaligus sebagai tindak lanjut Surat Kepala Disporapar Jawa Tengah Nomor 556/906 tanggal 16 Maret 2020 tentang Penutupan Sementara Destinasi Wisata dan Tempat Hiburan.

Kepala Dinporapar Purbalingga, Bambang Widjonarko dalam surat tersebut mengimbau pengelola destinasi wisata dan tempat hiburan untuk menutup sementara waktu sampai dengan evaluasi terhadap perkembangan situasi yang ada.

Selama masa penutupan diminta untuk melakukan gerakan pembersihan dengan disinfektan dan alat kebersihan lainnya sesuai dengan standar kesehatan yang dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan atau Rumah Sakit setempat.

“Untuk pengelola hotel dan restoran agar meningkatkan kewaspadaan dengan menyediakan dan menggunakan alat pendeteksi suhu tubuh serta hand sanitizer kepada setiap tamu atau pengunjung yang datang,” kata Bambang.