BRALING.COM, PURBALINGGA – Palang Merah Indonesia (PMI) Purbalingga merespon merebaknya virus corona dengan berperan aktif mengantisipasi dan melakukan pencegahan penyebaran virus di Kabupaten Purbalingga.

Sekretaris PMI Purbalingga, M Ichwan mengatakan, selain terus melakukan koordinasi dengan PMI Jateng dan PMI Pusat, PMI Purbalingga juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Purbalingga.

Ichwan mengatakan, ada wacana untuk pengadaan spray disinfektan. “Namun, wacana ini detail dan teknisnya masih akan dibahas lagi dengan dinas terkait,” jelas Ichwan.

Selain itu, PMI Purbalingga juga terus menggalakkan kampanye terkait virus corona, demi meningkatkan pemahaman dan antisipasi oleh masyarakat. “Kami sampaikan cara cuci tangan hingga hotline yang disediakan PMI,” imbuh Ichwan.

virus corona di purbalingga  Langkah PMI Purbalingga Mencegah Persebaran Virus Corona Covid-19 di Purbalingga WhatsApp Image 2020 03 13 at 17

Di Jawa Tengah, PMI Jawa Tengah sudah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan PMI Jateng dalam Menghadapi Corona, di Pusdiklat PMI Jateng, Semarang, beberapa waktu lalu.

Dalam forum tersebut, Ketua PMI Jateng Imam Triyanto berkata, PMI di wilayah Jawa Tengah akan berperan aktif mencegah perkembangan virus corona di masing-masing wilayah.

“PMI memiliki kader relawan di tingkat desa yaitu tim Sibat yang dapat diberdayakan untuk sosialisasi dan gerakan pencegahan Corona,” ujar Imam.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PMI Pusat, Sudirman Said menyebutkan bahwa PMI harus berperan aktif membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana, termasuk adanya wabah corona.