BRALING.COM, PURBALINGGA – Siap-siap! Pemerintah Kabupaten Purbalingga bakal menggelar Pasar Murah, mulai dari Maret hingga Mei 2020 mendatang. Pasar Murah ini menyasar 6118 keluarga yang tersebar di 10 desa yang ada di 10 kecamatan di Kota Perwira.

“Beberapa titik Pasar Murah akan kita prioritaskan untuk desa dengan tingkat kemiskinannya tinggi dan desa tersebut belum mendapatkan kesempatan Pasar Murah sebelumnya,” kata Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Purbalingga, Agus Winarno, 2 Maret 2020.

Pada Bulan Maret 2020 ini, Pasar Murah akan digelar di Desa Kembangan (Bukateja) 11 Maret dan Deesa Jingkang (Karangjambu) 18 Maret. Sementara di April, Pasar Murah digelar di Desa Sirau (Karangmoncol) 1 April, Desa Sumampir (Rembang) 8 April, Desa Krangean (Kertanegara) 15 April, dan Desa Langgar (Kejobong) 22 April.

Pemkab Purbalingga akan menyelenggarakan empat titik lainnya di Bulan Ramadhan. Yakni di Desa Candinata (Kutasari) 29 April, Desa Karangduren (Bobotsari) 6 Mei, Desa Pengadegan (Pengadegan) Rabu 13 Mei, dan Desa Bakulan (Kemangkon) pada Rabu 20 Mei.

“Memasuki bulan Ramadhan tentu biasanya harga-harga kebutuhan pokok melonjak, maka Pemerintah Kabupaten Purbalingga melaksanakan kegiatan pasar murah yang diharapkan akan dapat bermanfaat membantu masyarakat meringankan bebannya dari terjadinya lonjakan harga tersebut,” katanya.

Paket Gratis akan diperoleh oleh keluarga tidak mampu, melalui kupon. Selain paket gratis tersebut, Pemkab juga menyediakan paket bersubsidi dengan kupon yang juga ditujukan untuk keluarga miskin. Sementara kalangan umum setempat juga dapat menikmati paket sembako bersubsidi non-kupon.

“Di dalam pasar murah, juga akan kami sediakan jasa gratis, seperti potong rambut dan servis motor. Selain itu juga akan ada pemeriksaa kesehatan gratis,” kata Agus dalam keterangan pers yang diterima Braling.com.