BRALING.COM, PURBALINGGA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga memastikan bahwa sejumlah tahapan Pilkada Serentak yang akan digelar di Kabupaten Purbalingga, sudah pasti mengalami penundaan.

“Betul melihat kondisi saat ini ada surat edaran dari KPU pusat untuk menunda beberapa tahapan sampai waktu yang belum bisa ditentukan,” kata Komisioner KPU Purbalingga Divisi Sosialisasi Peras Serta Masyarakat dan SDM , Andri Supriyanto, 23 Maret 2020.

Penundaan tahapan tersebut mengacu pada Surat Edaran KPU RI Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Keputusan KPU Nomor L7S LPL.O2-KPT/OT /KPU /ILR/2020 Tentang Penundaan Tahapan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Dan/Atau Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19

Andri menjelaskan, tahapan Pilkada Serentak yang ditunda yakni pelantikan anggota PPS, pelaksanaan verifikasi syarat dukungan calon perseorangan, pembentukan petugas pemutakhiran daftar pemilih, pelaksanaan pemutakhiran daftar pemilih.

“Di bunyi surat edaran tersebut menyebutkan tentang daerah yang belum begitu terdampak bisa melangkah pada tahap-tahap selanjutnya. Namun dilihat kondisi sekarang sepertinya tidak memungkinkan,” Andri menjelaskan lebih lanjut.

KPU Purbalingga berharap keadaan segera membaik, sehingga tahapan Pilkada Serentak bisa kemali terlaksana dengan baik. “Tapi kami mendukung apa yang telah diputuskan karena persebaran virus memang masif,” imbuh Andri.