BRALING.COM, JAKARTA – Festival Belanja Online Brand Lokal bakal 25-27 April 2020 mendatang. Kabarnya 1.000 brand lokal bakal bergabung memberikan penawaran terbaik pada festival yang baru pertama kali digelar di Indonesia ini.

Panitia Hari Belanja Brand Lokal yang juga CMO Lazada Indonesia Achmad Alkatiri mengatakan bahwa, event Hari Belanja Brand Lokal ini menjadi respon gotong-royong atas krisis Covid-19 yang sangat berdampak bagi bisnis merek-merek lokal.

Event Hari Belanja Brand Lokal ini merupakan inisiatif dari sejumlah brand lokal. Seperti Brodo, Torch, Ria Miranda Brand, CottonInk, Monomom, Wearstatuquo, Sabine and Heem, hingga Motiviga.

“Tidak sedikit brand lokal di tanah air mengalami penurunan penjualan hingga 50 persen karena krisis Covid-19. Ini kemudian memberikan dampak negatif terhadap keberlangsungan bisnis merek lokal yang mayoritas adalah UMKM,” kata Achmad dikutip dari Bisnis.com.

Alkatiri menjelaskan bahwa tiga hari selepas pendaftaran festival ini dibuka untuk merek lokal, penyelenggara telah mencatat setidaknya terdapat 476 merek lokal yang telah terdaftar. Yang mana, 68 persen di antaranya merupakan brand fesyen.

“Kita ingin mengajak ribuan brand lokal di Indonesia untuk menyatukan suara, pengalaman, ide, inovasi dan promosi pada 25-27 April nanti. Semuanya secara daring. Sudah saatnya brand lokal mengambil perhatian lebih dari masyarakat, karena secara kualitas, desain dan harga, produk lokal kita sudah tidak kalah dari merk global”, ujar Alkatiri.

Founder & CEO Brodo Yukka Harlanda berkata, sekarang ini, kekuatan dari brand lokal dengan semangat sense of community perlu dijaga bersama untuk tetap tangguh merespon situasi. “Karena kompetisi kita sebenarnya adalah brand luar. Hanya dengan semangat gotong royong lah ini bisa kita lalui bersama sama,” kata Yukka.

Sementara itu, Founder & CEO Torch, Ben Wirawan mengutakaran harapan bahwa program Festival Belanja Online Brand Lokal ini bisa menumbuhkan lebih banyak brand lokal untuk menjadi favorit masyarakat dan mengurangi dominasi produk impor.