BRALING.COM, PURBALINGGA – Sekretaris Dinas Tenaga Kerja (Dinnaker) Kabupaten Purbalingga, Tukimin memastikan, orang yang sedang mencari pekerjaan atau terkena pemutusan hubungan kerja alias PHK bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan Kartu Prakerja.

Tukimin menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 telah memberi dampak kepada iklim usaha. Termasuk juga di Purbalingga. Bagi warga Purbalingga yang terkena PHK di tengah pandemi ini, bisa segera mengakses pendaftaran Kartu Prakerja. “Segera saja mendaftar katu pra-kerja,” katanya.

Tukimin lalu menjelaskan persyaratan pemohon Kartu Prakerja. Yakni, Warga Negara Indonesia (WNI), berusia di atas 18 tahun, tidak sedang mengikuti pendidikan formal, lalu membuat akun serta mendaftar di www.prakerja.go.id. Di situs itu, akan ada tes motivasi yang bisa dikerjakan hanya dalam waktu 15 menit.

Pendaftaran dilaksanakan 11 April – 4 November 2020, dalam beberapa gelombang. Gelombang pertama ditutup 16 April 2020, sementara pengumuman lolos pada 17 April 2020. Jika calon peserta belum lolos, akan diberi kesempatan untuk gelombang-gelombang berikutnya.

“Silakan untuk membuka situs www.prakerja.go.id agar memperoleh keterangan lebih lanjut,” kata Tukimin seperti dikutip dari rilis Dinkominfo Purbalingga.

Total manfaat yang bisa diterima pemohon sebesar Rp 3.500.000 yang dibagi atas beberapa item. Biaya pelatihan Rp 1 juta, untuk membeli aneka pelatihan di platform digital mitra.

Kemudian insentif Rp 600 ribu perbulan selama empat bulan yang akan ditransfer ke rekening bank atau Linkaja, Ovo atau Go-pay. “Dan insentif pasca pengisian survey evaluasi sebesar Rp 150 ribu untuk tiga kali survey,” kata Tukimin.