BRALING.COM, PURBALINGGA – PMI Purbalingga menerjunkan 34 relawan dari KSR dan Sibat untuk siaga di posko relawan yang berada di perbatasan wilayah Kabupaten Purbalingga, sembari terus menyosialisasikan pencegahan Covid-19 di Purbalingga.

Relawan PMI Purbalingga tersebut bertugas tiga shift di Pos Eks Terminal Kutabawa, Pos Rest Area Karangreja, Pos Terminal Bukateja, Pos Terminal Jompo, Pos Kalitinggar serta Pos Kedungbenda. Mereka bergabung dengan relawan lainnya yang sudah dilengkapi masker, kacamata, boot dan mantel.

“Relawan PMI Purbalingga bertugas mencatat pemudik yang pulang ke Purbalingga baik yang menggunakan moda transportasi umum seperti bus dan travel charter maupun transportasi pribadi,” kata Sekretaris PMI Purbalingga, M Ichwan.

Ichwan mengatakan, himbauan pemerintah Indonesia untuk tetap tinggal di rumah selama 14 hari, sebagai upaya untuk pencegahan penyebaran virus corona, belum sepenuhnya dilakukan masyarakat. Ada yang malah memilih pulang ke kampung halaman.

“Hal ini, tanpa disadari malah justru dapat membuat penyebarluasan Covid-19 semakin cepat, khususnya di Kabupaten Purbalingga dimana semua penderita positif Covid-19 pernah ke luar kota,” kata Ichwan.

PMI Purbalinga Terjunkan 34 Relawan di Posko & Buka Layanan Donasi Cegah Covid-19 WhatsApp Image 2020 04 02 at 09

Pemkab Purbalingga membentuk pos pemantauan kesehatan dengan melibatkan TNI, Polri, Dinas Kesehatan, PMI, Dinas Perhubungan, BPBD, Satpol PP dan relawan karangtaruna. Semua pendatang langsung diperiksa kesehatannya sebelum kembali ke rumahnya.

“Para pendatang akan dicek kesehatannya oleh Dinkes, lalu di data alamatnya. Kami menyarankan untuk melakukan karantina mandiri selama 14 hari untuk minimalisir penyebaran Covid-19. Hal ini akan kita lakukan terus menerus hingga masa tanggap darurat krisis kesehatan diturunkan,” kata Ichwan.

Tidak hanya menyiagakan relawannya, PMI Kab Purbalingga juga masih melakukan penyemprotan disinfektan ke fasilitas-fasilitas umum seperti masjid dan sekolah-sekolah serta menyosialisasikan mengenai perilaku hidup bersih dan sehat, langkah cuci yangan pakai sabun yang benar serta etika batuk dan bersin melalui media sosial.

Selain itu, PMI Purbalingga juga membuka pengumpulan donasi untuk mendukung jalannya program kemanusiaan yang digalakkan PMI Purbalingga. Donasi bisa dikirimkan melalui rekening Bank Mandiri 1390016283057 atas nama PMI Purbalingga. Konfimasikan pengiriman donasi ke nomor 08562611110