BRALING.COM, PURBALINGGA – SMA Negeri 1 Purbalingga menggelar wisuda dan pelepasan 387 siswa Kelas XII SMAN 1 Purbalingga tahun pelajaran 2019/2020 secara virtual. Hal ini tidak lepas dari upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Purbalingga.

Sebanyak 387 lulusan klas XII yang diwisuda, terdiri 256 dari Jurusan MIPA, dan 131 dari Jurusan IPS.

Acara dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi Zoom dan live streaming Youtube. Meski tidak dilakukan secara tatap muka, siswa tetap menggunakan seragam identitas SMA Negeri  1 Purbalingga sementara orang tua mendampingi anak dengan berpakaian batik.

Yang datang secara langsung di Aula SMA Negeri 1 Purbalingga, 28 Mei 2020 hanya sebanyak 25 orang. Yakni pengurus sekolah, komite, sejumlah guru, perwakilan siswa dan orang tua serta petugas teknis.

Prosesi wisuda dipimpin Kepala SMAN 1 Purbalingga, Kustomo dan dihadiri Ketua Komite, Achmad Khotib, Sekretaris Komite Prasetiyo.

Enam siswa Peringkat 1-3 tiga untuk Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan Peringkat 1-3 Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Siswa yang meraih nilai ujian sekolah tertinggi itu didampingi orang tua masing-masing.

Untuk jurusan MIPA, peringkat 1 berdasarkan nilai ujian sekolah diraih Aisyah Azizah Nur Rahmah dari Kelas XII MIPA 5, Peringkat 2 diraih Rafi Pradita dari Kelas XII MIPA 8 (95,00), dan Peringkat 3 diraih Farah Amalia Nurharisyah dari Kelas XII MIPA 4.

Sementara untuk Jurusan IPS, Peringkat 1 diperoleh Sapto Allan Toto Sapria dari Kelas XII IPS 4, Peringkat 2 diperoleh Maulana Fajar Gimnastiar dari Kelas XII IPS 3, dan Peringkat 3 diperoleh Sulis Aditia Putriana dari Kelas XII IPS 4.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Siti Chusnul Muftiati mengemukakan, sebanyak 33 siswa Klas XII diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan  Tinggi Negeri (SNMPTN). Yakni di ITB, IPB, UGM, Undip , UNS, Unsoed, Poltekkes dan Politeknik Astra.

Kepala SMA Negeri 1 Purbalingga, Kustomo berpesan meskipun saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, harus tetap semangat untuk mempersiapkan diri mengikuti seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Yakni melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Pergurian Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dijadwalkan Mei-Juli, Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) Mei-Juli, Ujian Masuk Perguruan Tinggi Kedinasan Juni- Agustus, dan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Swasta Terakreditasi.

“Perlu diingat, bahwa kesuksesan kalian lulus dari SMA Negeri 1 Purbalingga merupakan bagian kecil dari kehidupan, dan menjadi tangga untuk meniti jalan perjuangan yang lebih besar dalam menggapai cita-cita,” kata Kustomo.