BRALING.COM, PURBALINGGA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Purbalingga masih menghentikan layanan ambulance gratis bagi masyarakat. Hal ini, tidak lepas dari kondisi pandemi Covid-19 di Purbalingga.

Ketua Baznas Purbalingga, H Chumaedi mengatakan kebijakan tersebut sebagai salah satu upaya Baznas Purbalingga untuk membatasi penyebaran Covid-19.

“Masih banyak pasien yang membutuhkan bantuan ambulance, tetapi kami memang menghentikan operasional ambulance untuk sementara. Kecuali memang gawat darurat sekali,” kata H Chumaedi.

Dengan intensitas yang tinggi dalam membawa pasien, Baznas Purbalingga khawatir jikalau ambulance akan menjadi medium penyebaran Covid-19.

“Sekalipun kami terus berupaya menjaga kebersihan ambulance, namun menjaga diri merupakan hal yang penting,” kata H Chumaedi.

Untuk sementara ini, jika ada pasien yang membutuhkan bantuan ambulance, Baznas Purbalingga bekerjasama dengan ambulance-ambulance mitra.

“Jika driver ambulance tersebut ada dan tersedia, kami minta bantuan kepada mereka untuk mengantarkan pasien,” kata H Chumaedi menambahkan.