BRALING.COM, PURBALINGGA – Pemerintah desa seharusnya bisa memanfaatkan website desa untuk mempublikasikan potensi-potensi yang ada di wilayahnya.

“Teknologi atau IT saat ini harus digalakkan, apalagi dalam pemerintahan desa, dengan teknologi ini masyarakat bisa mengetahui informasi yang ada di desa,” kata Kabid Informatika pada Dinkominfo Purbalingga, Harry Sutito.

Sementara itu, Kasi Aplikasi dan Infrastruktur TIK pada Dinkominfo Purbalingga, Baryati menjelaskan terdapat 133 desa yang sudah menggunakan domain desa.id. Jumlah itu ialah akumulasi dari tahun 2016 sampai 2020.

“Fasilitasi domain desa.id ini yang terakhir, nantinya di tahun 2021 desa yang ingin mendaftar desa.id langsung ke Kementerian Kominfo RI,” kata Baryati.

Untuk mendorong penggunaan website desa, Dinkominfo Purbalingga menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Website Desa di Aula Dinkominfo Purbalingga, 23 Juni 2020. Sebanyak 11 desa mengikuti agenda ini.

Pada saat bimtek, Baryati menjelaskan bahwa kendala program fasilitasi domain desa.id salah satunya karena admin website desa menyerahkan sepenuhnya proses pendaftaran ke Dinkominfo Purbalingga.

Kondisi ini berdampak pada saat akan melakukan perpanjangan domain atau proses registrasi ulang karena dari awal tidak terkontrol.

“Dinkominfo Purbalingga hanya memfasilitasi satu tahun pertama, selanjutnya admin desa.id yang melakukan perpanjangan dengan membayar Rp 55 ribu ke pengelola domain id di tahun selanjutnya,” jelas Baryati.

Dinkominfo Purbalingga juga mengingatkan pentingnya memperhatikan UU ITE ketika berbagi informasi tentang desa. Jangan sampai website desa justru bertentangan dengan isu SARA ataupun pencemaran nama baik.

“Admin juga harus memperhatikan UU No.14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang di dalamnya ada panduan informasi publik apa saja yang wajib dipublikasikan oleh desa melalui website,” imbuhnya.

Pada tahun 2021, domain desa.id yang ada akan diserahkan secara mandiri ke desa. Bagi desa yang sama sekali belum terdaftar desa.id dapat melakukan pendaftaran secara mendiri melalui layanan domain.go.id.

“2021 kami akan memfasilitasi Sistem Informasi Desa (SID) online yang servernya ada di Dinkominfo Purbalingga,” terang Ibar.

Fasilitasi SID online akan diberikan bagi desa yang berkomitmen untuk mengimplementasikan SID online. Kedepannya SID online akan diintegrasikan dengan dashbord kecamatan dan kabupaten.