BRALING.COM, PURBALINGGA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga bersiap melakukan penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga Periode Tahun 2012-2024.

Langkah lanjut tersebut diambil lantaran KPU Purbalingga sudah menyatakan seluruh persyaratan Pasangan Dyah Hayuning Pratiwi – Sudono dan Muhammad Sulhan Fauzi – Zaini Makarim Supriyatno telah syarat semua.

KPU Purbalingga menyampaikan hasil pemeriksaan dan penelitian administrasi dari dokumen para bakal calon di Pilkada Purbalingga 2020 tersebut dalam rapat pleno terbuka yang di gelari di Aula KPU Purbalingga, 14 September 2020.

Dalam rapat pleno tersebut, KPU Purbalingga menyerahkan hasil pemeriksaan dokumen pendaftaran dua pasangan calon tersebut kepada masing-masing pasangan calon. Yang mana, diwakili oleh tim penghubung dan perwakilan partai politik pengusung.

Ketua KPU Purbalingga¸ Eko Setiawan menjelaskan bahwa pemeriksaan dokumen sudah dilaksanakan pada 6 – 12 September 2020 kemarin. Mulai dari dokumen seperti ijasah, dokumen pajak hingga sejumlah dokumen lainnya.

“Semua persyaratan dinyatakan memenuhi syarat,” kata Ketua KPU Purbalingga dalam keterangan pers yang diterima Braling.com.

Baca: Sah! Daftar Pemilih Sementara Pilkada Purbalingga 2020 Sudah Resmi Ditetapkan

Termasuk juga hasil pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan 7 – 9 September 2020 kemarin di RS Suraji Tirta Negara, Klaten. Kedua pasangan tersebut sudah dinyatakan bebas Covid-19.

Bawaslu Purbalingga menambahkan, seluruh proses verifikasi dokumen pasangan Tiwi-Dono dan Oji-Zaini telah di awasi dengan ketat. Salah satunya dengan melakukan proses verifikasi yang dilakukan oleh beberapa tim.

Seperti diketahui, Pasangan Tiwi-Dono mendaftarkan diri ke KPU Purbalingga pada 4 September 2020. Sedangkan Pasangan Oji-Zaini mendaftarkan diri ke KPU Purbalingga pada 6 September 2020.

Kedua pasangan yang akan berlaga di Pilkada Purbalingga 2020 itu sama-sama menegaskan semangat dan kepercayaan dirinya bakal memenanngkan pilkada yang digelar 9 Desember 2020 mendatang.

Komisioner KPU Purbalingga, Divisi Parmas, SDM & Kampanye, Andri Supriyanto menambahkan, jadwal penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga Periode Tahun 2021-2024 akan dilaksanakan pada 23 September 2020 mendatang.

“Pengundian nomor dan ikrar damai calon akan dilaksanakan 29 September 2020,” kata Andri kepada Braling.com.

pilkada purbalingga 2020

Menghindari Klaster Pilkada

Sementara itu, pada kesempatan terpisah, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi berharap tidak muncul klaster pilkada, meskipun Pilkada Purbalingga 2020 dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

“Covid-19 belum selesai, dan masih ada pertambahan kasus Covid baru di Purbalingga. Kami berharap semua pihak menerapkan protokol kesehatan, dan meminimalisir perkembangan resiko Covid selama tahapan Pilkada,” kata Bupati Tiwi.

“Jangan sampai ada kluster-kluster baru Pilkada,” kata Bupati Tiwi usai mengikuti pembagian masker bersama Forkopimda dan Polres Purbalingga, 10 September 2020.

Pada acara tersebut, Bupati Purbalingga mengapresiasi langkah-langkah Polres Purbalingga bersama Forkopimda yang ikut mengingatkan masyarakat untuk menjaga protokol kesehatan.

“Kita terus mengingatkan protokol kesehatan untuk terus dilakukan masyarakat Purbalingga, termasuk saat memasuki tahapan pilkada,” imbuh Bupati Tiwi yang juga bakal ikut dalam Pilkada Purbalingga 2020.

Baca: Bukan Main-main! Karangtaruna Kabupaten Purbalingga Bentuk Satgas Anti Money Politic

Kapolres Purbalingga AKBP Muchammad Syafi Maulla menjelaskan bahwa pembagian masker kepada masyarakat dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Purbalingga.

“Ini merupakan wujud kepedulian kita terhadap wabah Covid-19. Kita bagikan masker kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19,” kata AKBP Syafii Maulla.

Kapolres Purbalingga mengatakan, dalam acara tersebut, setidaknya ada 1.500 masker yang dibagikan ke masyarakat di sejumlah wilayah di Kabupaten Purbalingga.

Forkopimda membagikan masker di Pasar Segamas, pasar hewan, Terminal Bus Purbalingga, dan perempatan Mapolres. Sedangkan personel TNI dan Polri membagikan masker hingga ke desa-desa.

“Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Intinya bagi yang sudah terkena Covid-19 bisa segera sembuh dan bagi yang sehat tetap sehat tidak tertular virus,” kata Kapolres Purbalingga.