BRALING.COM, PURBALINGGA – Palang Merah Indonesia (PMI) Purbalingga menggelar penilaian kapasitas organisasi atau yang biasa disebut Branch Organisational Capacity Assessment (BOCA).

Pelaksanaan BOCA yang melibatkan tiga orang fasilitator BOCA PMI Provinsi Jawa Tengah ini digelar di Markas PMI Purbalingga, 30 September sampai dengan 1 Oktober 2020.

PMI Purbalingga melibatkan pengurus sebagai pengambil kebijakan, karyawan sebagai pengelola kebijakan serta melibatkan juga relawan yang memainkan peran sebagai pelaksana kebijakan program-program PMI Purbalingga.

Baca: PMI Dukung Program TMMD Sengkuyung Tahap III dengan Bantu Perbaikan RTLH di Desa Karangturi

Plt Ketua PMI Purbalingga, drg Hanung Wikantono MPPM menjelaskan bahwa PMI Purbalingga menggelar BOCA dengan tujuan untuk menilai kapasitas dan kinerja organisasi PMI Purbalingga sekarang ini.

Kemudian juga memetakan kekuatan dan kelemahan organisasi sampai dengan merancang prioritas pengembangan PMI Purbalingga. Semua itu dilakukan untuk memperkuat dan mempertahankan kapasitas pelayanan dan ketahanan masyarakat.

Dari kegiatan BOCA diharapkan PMI PMI Kota/Kabupaten akan lebih mudah untuk memahami priroritas program sehingga akan lebih mudah meningkatkan kinerjanya.

Baca: Peringati HUT PMI ke 75, PMI Purbalingga Lakukan Aksi Kemanusiaan di Zona Merah Covid-19

Selain itu, Hanung menjelaskan, kegiatan BOCA juga diharapkan menjadi momentum untuk PMI Purbalingga secara bersama-sama memecahkan permasalahan yang muncul.

Dengan menggelar kegiatan BOCA, PMI Purbalingga akan lebih efektif dan efisien dalam merancang langkah-langkah strategis yang tepat dalam pengembangan PMI Purbalingga.

Dengan adanya kegiatan BOCA ini, “Kami selaku pengurus berharap mendapatkan hasil yang baik dan mendapatkan bahan evaluasi untuk pelayanan PMI ke depan,” kata Hanung Wikantono kepada Braling.